Ragnar Oratmangoen

Ragnar Anthonius Maria Oratmangoen adalah pemain sepak bola profesional yang lahir di Oss, Belanda, pada 21 Januari 1998. Memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Tanimbar, Maluku, Ragnar memulai karir sepak bolanya di akademi NEC Nijmegen pada tahun 2013 saat berusia 15 tahun. Pada 18 Maret 2024, Ragnar resmi memperoleh kewarganegaraan Indonesia, yang memungkinkan dia bermain untuk Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026​.

Karier Klub:

Ragnar memulai karier profesionalnya bersama NEC Nijmegen pada tahun 2016 dan kemudian dipinjamkan ke TOP Oss, di mana ia tampil dalam 49 pertandingan dan mencetak 5 gol. Selanjutnya, Ragnar pindah ke SC Cambuur pada tahun 2019, tampil dalam 50 pertandingan dan mencetak 12 gol selama dua musim. Setelah itu, ia bergabung dengan Go Ahead Eagles dan bermain di Eredivisie, kasta tertinggi liga Belanda, pada musim 2021/2022. Pada tahun 2022, Ragnar direkrut oleh FC Groningen dengan kontrak tiga tahun, dan saat ini ia dipinjamkan ke Fortuna Sittard dengan opsi pembelian​.

Karier Internasional:

Ragnar pertama kali dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia pada Maret 2024 untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam. Pada pertandingan melawan Arab Saudi, 6 September 2024, Ragnar mencetak gol penting yang membawa Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah. Gol ini menunjukkan kontribusi signifikan Ragnar dalam upaya Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026​.

Kehidupan Pribadi:

Ragnar memiliki hubungan kekerabatan dengan Djauhari Oratmangun, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia. Dia juga dikenal sebagai pemain yang beralih agama ke Islam pada usia 15 tahun. Dengan tinggi badan 180 cm, Ragnar bermain sebagai gelandang serang atau winger, dan memiliki kaki kanan sebagai kaki terkuatnya​.

Nilai Pasar dan Posisi:

Nilai pasar Ragnar Oratmangoen mencapai Rp7,82 miliar per Maret 2024, setelah sebelumnya mencapai puncaknya pada Rp9,56 miliar pada tahun 2022. Penampilan impresifnya di level klub dan tim nasional menunjukkan potensinya sebagai salah satu pemain andalan Timnas Indonesia

One thought on “Profil dan Biodata Ragnar Oratmangoen”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *